Klasifikasi Virus


Klasifikasi virus tidak mengikuti sistem Linnaeus, melainkan sistem ICTV (International Committe on Taxonomy of Viruses = Komite Internasional untuk Tksonomi Virus). Klasifikasi virus terbagi dalam tiga tingkatan takson, yaitu famili, genus dan spesies. Nama famili virus diakhiri dengan viridae, sedangkan nama genus diakhiri dengan virus. Nama spesies menggunakan bahasa Inggris dan diakhiri dengan virus. Saat ini, jenis virus yang sudah teridentifikasi adalah lebih dari dua ribu spesies. Contoh klasifikasi adalah sebagai berikut.
Famili : Retroviridae
Genus : Lentivirus
Spesies : Human immunodeficiency virus (HIV)
Berbagai jenis virus diklasifikasikan berdasarkan jenis sel inang. Inang spesifik terutama ditentukan dari kesesuaian reseptor pada permukaan sel inang tempat virus melekat. Berdasarkan jenis sel inangnya, virus diklasifikasikan ke dalam empat kelompok, yaitu virus bakteri, virus mikroorganisme eukariot. Virus tumbuhan dan virus hewan termasuk manusia.

Virus Bakteri
Virus bakteri adalah virus yang sel inangnya bakteri. Virus bakteri disebut juga dengan bakteriofage atau fage (Latin, phage = memakan). Virus bakteri mengandung materi genetik berupa DNA. Contoh virus bakteri adalah bakteriofage T4 virus yang menyerang bakteri Escherichia coli. E. Coli merupakan bakteri yang hidup pada saluran pencernaan manusia.
Virus Mikroorganisme Eukariot
Virus mikroorganisme eukariot adalah virus yang sel inangnya berupa mikroorganisme yang tergolong eukariot, seperti Protozoa dan khamir. Virus ini terutama mengandung RNA. Virus yang menyerang jamur disebut Mycovirus.
Virus Tumbuhan
Virus Tumbuhan adalah virus yang sel inangnya tumbuhan. Virus tumbuhan sebagian besar mengandung RNA. Contohnya adalah virus mosaik tembakau (Tobacco mosaic virus/TMV).
Virus Hewan
Virus Hewan adalah virus yang menginfeksi hewan atau sel manusia. Virus hewan mengandung DNA atau RNA. Contohnya adalah virus penyakit mulut dan kaki pada sapi, serta virus penyakit rabies pada anjing.

0 komentar:

Posting Komentar